Headlines News :
Home » » Turki Berhenti Kejar Tentara Israel Pelaku Insiden Marmara

Turki Berhenti Kejar Tentara Israel Pelaku Insiden Marmara

Written By Unknown on Senin, 29 April 2013 | 15.15



Acehtraffic.com - Salah satu surat kabar rezim Zionis Israel mengabarkan soal keputusan pemerintah Turki yang menghentikan upaya untuk mengejar dan mengadili pelaku penyerangan kapal Mavi Marmara dan pembunuh sembilan aktifis perdamaian Turki.

Surat kabar Israel Haaretz, seperti dikutip Mehr News (29/4) melaporkan, dalam pertemuan yang digelar antara petinggi Tel Aviv dan Ankara beberapa hari lalu di Turki, pemerintah Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Turki sepakat untuk menekan parlemen negaranya agar menghentikan upaya untuk mengadili anggota militer Israel yang terlibat dalam insiden Marmara.

Delegasi Israel itu dikabarkan bertemu dengan Bulent Arnich, Deputi PM Turki dan sejumlah petinggi negara lain. Pertemuan dimaksudkan untuk mengakhiri friksi di antara kedua belah pihak berkenaan dengan insiden kapal Marmara.

Selain itu Ankara dan Tel Aviv juga ingin menciptakan kondisi yang mendukung agar kerjasama keduanya kembali pulih, dan Duta Besar Turki bisa kembali bertugas di Tel Aviv.

Mengutip statemen pejabat tinggi Israel, Haaretz menulis, "Wakil-wakil pemerintah Turki dalam pertemuan tersebut sepakat untuk mencegah kemungkinan berlanjutnya upaya hukum menuntut militer Israel di pengadilan Turki dan pengadilan internasional dengan mensahkan sebuah draf undang-undang di parlemen."

Pada 31 Mei 2010, kapal Mavi Marmara yang mengangkut 600 aktifis pendukung rakyat Palestina dan diberangkatkan untuk mematahkan blokade Gaza oleh lembaga kemanusiaan Turki, Insani Yardim Vakfi yang berafiliasi ke Partai Keadilan dan Pembangunan, diserang oleh militer Israel di wilayah perairan internasional Laut Mediterania.

Dalam insiden penyerangan itu, sembilan orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Merespon protes keras dunia internasional, Turki akhirnya mengancam untuk memutuskan hubungan dengan Tel Aviv.
| AT | M | Irib |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger