Headlines News :
Home » , , » Gempa Gayo 13.862 Rumah Rusak: Bantuan SBY & Sinyal DPRA Berhembus

Gempa Gayo 13.862 Rumah Rusak: Bantuan SBY & Sinyal DPRA Berhembus

Written By Raja Pasee on Senin, 22 Juli 2013 | 12.48

Takengon | acehtraffic.com - Gempa yang melanda Kabupaten Aceh Tengah dan sekitarnya pada 2 juli 2013 lalu telah merusak 13.862 rumah, berikut pula sejumlah instansi pemerintah, sarana Ibadah, sarana pendidikan, sarana kesehatan hingga insfrasruktur jalan. Sebanyak 5.516 unit rumah rusak berat, 2.750 rusak sedang, dan 5.596 rusak ringan. 

Kunjungan Presiden SBY, 9 Juli 2013 lalu, telah memberi angin surga adanya kepastian bantuan dari pemerintah dengan besaran Rp 40 juta untuk rumah rusak berat, Rp 20 juta rusak sedang dan Rp 10 juta rupiah untuk yang rusak ringan. 

Namun demikian, walaupun warga sadar bantuan tersebut bukanlah biaya untuk mengganti rumah, namun dana bantuan yang akan diberikan dinilai masih sangat minimal bila dibandingkan dengan kondisi bahan baku yang relatif mahal dan jarak tempuh menuju lokasi bencana. 

Pencairan dana direncakan setelah terbentuknya kelompok masyarakat dan didampingi fasilitator. Sinyal untuk membuka ruang adanya dana pendamping bagi rumah warga yang mengalami kerusakan diberikan oleh lembaga legislatif Aceh, DPRA. 

“InsyaALLAH nanti coba kita bicarakan dengan pihak eksekutif,” kata Ketua DPRA, Hasbi Abdullah, ketika bertemu dengan Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, di Pendopo setempat, Senin 18 Juli 2013. 

Begitu pula anggota DPRA lainnya yang turut serta, Abdullah Shaleh, mencoba mengali-ngalikan jumlah uang yang dibutuhkan sebagai pendamping. “Nanti kita upayakan paling tidak ada dana pendamping disesuaikan dengan tingkat kerusakan rumah warga,” Katanya. 

Adanya dana pendamping, menurut Bupati Nasaruddin, sangat membantu meringankan beban warga yang mengalami kerusakan rumah. “Saya pastikan pemkab Aceh Tengah tidak akan mampu, karena itu selain melalui pemerintah pusat, diharapkan juga ada sharing dari Pemerintah Aceh,” Tutup Nasaruddin. 

Sementara "angin syurga" dijanjikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu. Dimungkinkan akan segera direalisasikan akhir tahun 2013. 

Realisasi bantuan tersebut diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Samsul Ma’arif, Kamis 18 Juli 2013 pada saat memberi penjelasan terkait penanganan bencana gempa gayo. 

“Pihak kita sudah bergerak cepat untuk menangani proses verifikasi hingga rehab rekon nantinya,” kata Samsul. BNPB juga telah melakukan pelatihan bagi para verifikator untuk menilai kelayakan besaran bantuan yang akan diberikan kepada korban bencana gempa. 

Sebelumnya, Presiden SBY telah menetapkan bantuan pembangunan rumah yang akan disalurkan dengan besaran  Rp 40 juta untuk rusak berat, Rp 20 juta untuk rusak sedang dan Rp 10 juta untuk rusak ringan. “Mulai tanggal 23 Juli, tim yang telah dilatih akan turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi,” pungkas  Kepala BNPB. | AT | I | LG | Foto: Isbahannur |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger