Headlines News :
Home » » Iran-Mesir, Kunci Persatuan Dunia Islam

Iran-Mesir, Kunci Persatuan Dunia Islam

Written By Unknown on Senin, 03 Desember 2012 | 23.17


Acehtraffic.com - Seorang anggota parlemen senior Iran menyoroti pentingnya posisi Republik Islam dan Mesir dalam mempromosikan stabilitas di Timur Tengah dan menyatukan dunia Islam.

"Tehran dan Kairo dapat memainkan peran penting dan efektif di kawasan Timur Tengah untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan, serta memberikan landasan yang tepat untuk kesatuan dunia Islam," kata anggota Komisi Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Nasional di Majelis Iran, Kazem Jalali dalam pertemuan Senin (3/12) dengan Kepala Bagian Seksi Kepentingan Mesir di Tehran, Khalid al-Said Ibrahim Amari.

Seraya menyinggung kesamaan sejarah, budaya dan agama antara Iran dan Mesir, Jalali menyerukan perluasan hubungan timbal balik di semua bidang, terutama dalam urusan parlemen.

Dia  juga menyatakan kesiapan Iran untuk mentransfer pengalaman parlemen kepada lembaga legislatif Mesir, terutama parlemen yang baru terpilih.

Jalali memuji revolusi Mesir sebagai prestasi besar bagi negara-negara regional. Ditambahkannya, "Setiap revolusi biasanya diikuti dengan masa transisi dan tak terkecuali revolusi Mesir. Kami berharap untuk segera menyaksikan stabilitas dan ketenangan di negera itu."

Di pihak lain, Amari menyoroti hubungan sejarah dan budaya antara Mesir dan Iran. Dia juga menyerukan kerja sama lebih lanjut antara para pejabat dari kedua negara dalam upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Dia mengapresiasi dukungan bangsa dan pemerintah Iran pada revolusi Mesir dan menggambarkan Kairo dan Tehran sebagai dua sayap dari peradaban Islam.| AT | M | Irib |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger