Headlines News :
Home » , , » Untuk Menghindari Kericuhan Warga, Wabup Aceh Utara Tinjau Lokasi Pembangunan Tembung Krueng Pasee dan Lhok Gajah

Untuk Menghindari Kericuhan Warga, Wabup Aceh Utara Tinjau Lokasi Pembangunan Tembung Krueng Pasee dan Lhok Gajah

Written By Unknown on Senin, 03 Desember 2012 | 04.26

Aceh Utara | Acehtraffic.com - Terkait belum dibayarnya tanah warga seluas 17 hektare untuk pembangunan Tembung Lhok Gajah di gampoeng Buket Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara sehingga beberapa warga memprotes dengan melarang alat berat bekerja dilahan warga yang belum digantirugi. Tadi siang rombongan wabup Aceh Utara M. Jamil meninjau lokasi pembangunan Tembung tersebut dengan mengajak serta Sekdakab A Syahbuddin Usman dan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Mawardi.

Sebelumnya dihari yang sama rombongan wabup juga mengunjungi lokasi pembangunan Tembung di Krueng Pasee gampoeng Leubok Jok karena kasus serupa juga terjadi pada proyek tersebut dimana kasus tersebut telah dilaporkan ke YLBHI Pos Lhokseumawe.

Terkait pembangunan Tembung di Lhok Gajah, agar tidak menghambat pembangunan proyek tersebut Wabup mengaku dirinya telah mendapatkan laporan dari pihak terkait bahwa ganti rugi tanah milik masyarakat sudah bisa diselesaikan.

Sementara itu kepala SDA, Mawardi menjelaskan dengan dibangunnya proyek Tembung itu akan mampu mengairi persawahan di gampoeng Alue Mirah dan sekitarnya secara gravitasi karena permukaannya lebih tinggi tanpa menggunakan pompa.

Lembung baru itu menurut Mawardi, nantinya akan mampu mengairi 9038 hektare untuk sembilan kecamatan termasuk kecamatan Blangmangat di Lhokseumawe. Selain itu Tembung tersebut juga diharapkan bisa mengantisipasi kekurangan air seperti yang dialami di gampoeng Cot Glumpang karena ketika musim kemarau sawah digampoeng tersebut tidak dapat terairi.

“Tembung ini nantinya mampu menampung 400 ribu kubik air, sehingga begitu air tertahan dalam waktu setahun dia bisa penuh. Jadi pada saat nanti terjadi kekurangan air kita bisa melepas air ini,” kata Mawardi. | AT | HR |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger