Headlines News :
Home » , , , » Bayi Gajah Paya Bakong, Kini Diasuh BKSDA

Bayi Gajah Paya Bakong, Kini Diasuh BKSDA

Written By Raja Pasee on Kamis, 27 Juni 2013 | 08.56


Aceh Utara | acehtraffic.com- Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh akhirnya mendapatkan hak asuh bayi gajah berumur kurang dari satu bulan yang sudah dinamakan Raju itu  dari masyarakat di Desa Blang Pante Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, Kamis 27 Juni 2013. Raju sempat dirawat selama sepekan oleh warga pedalaman Aceh Utara itu.

Sibayi Gajah bernama Raju itu, awalnya warga menemukan dua bayi  gajah di hutan pedalaman Paya Bakong Aceh Utara. Anak gajah tertua berumur sekitar dua tahun diberi nama Raja ditemukan pada bulan April lalu. Mendapatkan anak gajah ditinggal induknya masyarakat setempat menyambut dengan suka cita. Mereka rela secara kongsi membiayai makan si Raja.

Namun setelah lebih satu bulan ditangan warga dan sempat mendapatkan pemeriksaan dari dokter hewan. Raju “kembali”  ia mati pada tanggal 24 Juni  2013 lalu. Sebelum Raja  mati,  warga setempat pada tanggal 18 Juni 2013 kembali menemukan   se ekor bayi gajah yang diprediki masih berumur puluhan hari, temuan yang kedua ini juga dipelihara oleh warga setempat.

Namun hari perhari kondisi kesehatan bayi Gajah yang naik turun menyebabkan banyak kalangan mengkhawatirkan keselamatan Bayi gajah Sumatera tersebut.  Namun pada Kamis 27 Juni 2013 warga menyerahkan  (Elephas maximus sumatranus) ke pihak BKSDA untuk dirawat sesuai standar guna menyelamatkan bibit hewan langka tersebut.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam Aceh Amon Zamora mengatakan, memelihara bayi gajah tanpa pengetahuan yang cukup akan rentan keselamatan. Apalagi bayi gajah tersebut masih dibawah usia setahun.

 ,”Bayi gajah itu sudah dibawah penanganan kita, tadi sore tim dari BKSDA, dan LSM lingkungan sudah ada dilokasi untuk melakukan cek kesehatan, dan kita akan bawa ke PLG Saree untuk pemeliharaan lebih lanjut,”  | AT | RD |

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger