Headlines News :
Home » , » Ini Kronologis Perompakan dan Penyanderaan ABK Kapal Nelayan Berbendera Malaysia

Ini Kronologis Perompakan dan Penyanderaan ABK Kapal Nelayan Berbendera Malaysia

Written By Raja Pasee on Jumat, 07 Juni 2013 | 01.29


Aceh Timur | acehtraffic.com–Perompakan kapal dan penyanderaan ABKnya kembali terjadi perairan Selat Malaka, kali ini menimpa sebuah kapal nelayan berbendera Malaysia. 

Dua pelaku sudah ditangkap pihak kepolisian, sementara M. Yunus Alias Matsyah  masih buron. Jumat 7 Juni 2013.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Langsa Ajun Komisaris Polisi Firdaus mengatakan awalnya pihak kepolisian mengetahui kasus tersebut dari informasi adanya sebuah kapal asing yang merapat ke Kuala Parek Kecamatan Sungai Raya Aceh Timur.  

Dari informasi tersebut dikembangkan akhirnya ditemukan kapal kayu tersebut dikawasan itu, dan ditemukan lagi bahwa ada pelaku yang menjual mesin kapal dan inventaris kapal lainnya.

Menurutnya, perompakan tersebut terjadi pada 9 Mei 2013, sekitar pukul 22:00 Wib pelaku merompak kapal di perbatasan Indonesia –Malaysia sekitar 60 mil laut dari dataran Langsa. Setelah dirompak disana Kapal Kayu KM PK PK FB – U21532 ditarik ke pesisir Pantai Kuala Parek.

Dari kasus ini Polisi sudah menangkap dua tersangka, masing-masing Bahagia Alias Giok warga Kuala Simpang Ulim beralamat KTP Peuniti Banda Aceh, Rafli (24) warga Kuala Langsa, sementara Matsyah warga Sungai Raya beralamat KTP Kuala Bugak Kecamatan Peureulak hingga kini masih buron. ,”Mungkin warga takut mengabarkan, karena dia memiliki senjata,’ Kata Firdaus.

Masih menurut Firdaus, Pihak kepolisian belum mengetahui persis siapa nama dan warga Negara mana yang masih dalam sanderaan perompak. Karena berdasarkan hasil pengembangan ABK yang disandera tersebut berbahasa Thailand.

,”Katanya dari dua yang disandera satu sudah dilepas, mungkin untuk keperluan uang tebusan, Kita sudah amankan 1 Unit kapal KM PK PK FB – U21532 dan investaris kapal lainnya, kita masih memburu pelaku” | AT | RD|
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger