Headlines News :
Home » , » Mantan PM Singapura: Tak Seharusnya Indonesia Merugikan Negara Lain

Mantan PM Singapura: Tak Seharusnya Indonesia Merugikan Negara Lain

Written By Raja Pasee on Jumat, 21 Juni 2013 | 00.44



Singapura | Acehtraffic.com – Kabut yang kian tebal yang menyelimuti langit Singapura membuat Mantan Perdana Menteri Singapura, Goh Cok Tong, turut berkomentar. Ia menyatakan bahwa kini anak Singapura sedang "tercekik".

“Bagaimana anak-anak tidak berteriak (menghadapi kondisi ini)?” tulis Goh dalam akun Facebook-nya seperti dikutip dalam situs Channel News Asia, Jumat, 21 Juni 2013. Baginya, Indonesia dan Singapura memiliki hubungan yang begitu dekat. Oleh sebab itu, tak seharusnya Indonesia merugikan negara lain, apalagi jika negara itu tetangganya sendiri.


Goh ingat persis bagaimana ucapan mantan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi. Badawi pernah mengatakan bahwa Malaysia dan Singapura tinggal di dalam rumah yang sama. Hanya saja "semiterpisah".

“Seperti halnya tetangga, seharusnya kita tidak menyalakan TV terlalu keras,” ujar Goh menganalogikan masalah ini. “Sama halnya dengan tidak membakar sampah di pekarangan agar asapnya tidak memasuki rumah tetangga,” katanya lagi.


Menurut Goh, Indonesia tidak berbagi "rumah" dengan Singapura dan Malaysia. Indonesia mungkin merasa tinggal di bungalow yang berbeda, tapi masih dalam satu komplek perumahan yang sama dengan dua negara ini.

Dia menambahkan, Sumatera adalah wilayah yang sangat besar. Kebakaran hutan dan gambut tidak akan mudah untuk dipadamkan. “Api membakar dan membara seluas ribuan hektar di tempat-tempat terpencil yang jauh dari jangkauan petugas pemadam kebakaran,” katanya.


Dengan demikian, cara terbaik yang seharusnya dilakukan adalah melakukan upaya pencegahan. Jangan sampai hal ini terjadi. Namun, nasi sudah menjadi bubur. Lahan gambut sudah keburu terbakar. Goh menyatakan, “Kini, yang terbaik bagi anak-anak Singapura hanyalah bertahan dan belajar untuk hidup di dalam kepungan asap.”
| AT | M | Tempo |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger