Headlines News :
Home » , » Puluhan Rumah Nelayan Idi Hancur Diterjang ombak

Puluhan Rumah Nelayan Idi Hancur Diterjang ombak

Written By Raja Pasee on Minggu, 23 Juni 2013 | 07.27



Aceh Timur | acehtraffic.com -Puluhan rumah di pesisir pantai Kuala Idi dan Teupin Jareng, kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur, hancur diterjang ombak besar. Kejadian ini mengakibatkan sejumlah warga terpaksa mengungsi ke rumah keluarga terdekat. Warga berharap pemerinta agar segera mengatasi obrasi tersebut. Minggu 23 Juni 2013

Abrasi pantai semakin meluas di kawasan Gampong Kuala Idi dan Desa Teupin jareng, kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur, abrasi akibat dihantam ombak pasang purnama, sebelas unit rumah warga di bibir pantai itu telah rusak dan terpaksa dibongkar.

Selain sebelas unit rumah warga yang hancur, puluhan rumah lainnya terancam ambruk akibat dikikis oleh ombak. Dari hasil pantauan minggu dinihari hantaman ombak pasang purnama juga menghancurkan jalan penghubung antara desa teupin nyareng dan desa kuala geulumpang.

Menurut keterangan warga setempat rohana mengatakan abrasi pantai ini sudah berlangsung sejak lama, setelah tembok (tanggul) pemecah ombak yang dibangun pasca tsunami tahun 2005, hancur. Beberapa rumah dan kebun warga yang terletak persis ini juga hancur diterjang ombak pasang.

Dia menambahkan, pemerintah Aceh Timur diharapkan segera melakukan penangganan. Jika tidak, dikhawatirkan abrasi pantai di sepanjang desa kuala idi dan Teupin Jareng, akan mendatangkan bencana besar.

Harapan sama disampaikan sejumlah warga lainnya di garis pantai itu, mereka minta pemkab Aceh Timur membangun tanggul pengaman pantai dan pemecah ombak. Ini kebutuhan yang sangat mendesak, karena bulan desember nanti hantaman ombak akan lebih parah. Apalagi badan jalan penghubung antargampong juga terancam putus. | AT | RD
| SD| 

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger