Headlines News :
Home » » 21 Murid SD di India Tewas, Akibat Keracunan Makanan di Sekolah

21 Murid SD di India Tewas, Akibat Keracunan Makanan di Sekolah

Written By Raja Pasee on Rabu, 17 Juli 2013 | 00.39



Acehtraffic.com - Setidaknya 21 anak di sebuah sekolah dasar di Negara Bagian Bihar, India, meninggal dan puluhan anak lainnya harus dirawat di rumah sakit setelah menyantap makanan gratis yang disediakan pihak sekolah.

Stasiun televisi Aljazeera melaporkan, Rabu 17 Juli 2013, anak-anak usia delapan tahun sampai sebelas tahun kemarin jatuh sakit setelah menyantap makan siang di sekolah milik pemerintah, yang tertelak di Desa Masrakh, sekitar 80 kilometer sebelah utara Kota Patna, Bihar.

Menteri Pendidikan Bihar, P.K Sahi, mengatakan dari penyelidikan awal menunjukkan makanan yang dikonsumsi anak-anak itu terkontaminasi oleh fosfor, yang digunakan untuk mengawetkan beras dan gandum.

Pejabat Negara Bagian Bihar, Amarjit Sinha, menjelaskan 27 anak dan makanan dari sekolah itu langsung dibawa ke rumah sakit di Kota Patna. Delapan anak dikabarkan dalam kondisi serius.

Kepala Menteri Negara Bagian Bihar, Nitish Kumar, memerintahkan untuk dilakukan penyelidikan terkait insiden ini. Pihak berwenang telah memberhentikan seorang inspektur makanan dan mendaftarkan kasus ini sebagai tindak pidana terhadap kepala sekolah lantaran telah melakukan kelalaian.

Setiap keluarga yang anak-anaknya meninggal nantinya akan menerima Rp 33 juta.

Pemberian makan gratis memang digunakan untuk memberikan insentif kepada keluarga miskin sebagai cara untuk meningkatkan pendaftaran siswa di sekolah-sekolah.

"Sebenarnya program ini bekerja. Penelitian telah menunjukkan bahwa program ini langsung meningkatkan pendaftaran anak-anak di sekolah," ucap Nitish.

Namun, anak-anak sering mengalami keracunan makanan karena kurangnya kebersihan dapur di sekolah dan kadang-kadang dari kualitas makanan itu sendiri.| AT | M | MR |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger