Headlines News :
Home » , » 3 Alat Berat Dikerahkan Untuk Mencari 7 Korban Gempa

3 Alat Berat Dikerahkan Untuk Mencari 7 Korban Gempa

Written By Raja Pasee on Sabtu, 06 Juli 2013 | 09.01

Bener Meriah | acehtraffic.com – Untuk mencari tujuh orang korban gempa, yang diduga masih tertimbun longsor di Desa Seurampah, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah. Petugas Mengerahkan tiga unit alat berat. Sabtu 6 Juli 2013.

Penanggung jawab pelaksana tanggap darurat pasca gempa, Kolonel Inf Hifdizah mengatakan. Saat ini korban gempa yang meninggal bertambah menjadi 36 orang, masing-masing 9 orang di Kabupaten Bener Meriah dan 27 orang di Kabupaten Aceh Tengah.

Lebih lanjut, Kolonel Inf Hifdizah menjelaskan. Kegiatan proses evakuasi korban yang paling sulit adalah di Desa Seurampah, Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah. Hingga harus dikerahkan tiga alat berat ke lokasi tersebut.

Dirinya menambahkan, berdasarkan infomasi yang diperoleh, menyebutkan di Desa tersebut masih terdapat 7 korban lagi. Dari jumlah keseluruhan korban, sebanyak 12 orang dan yang baru ditemukan hanya 5 orang.

Gempa berkekuatan 6,2 skla richter yang telah menguncang Kabupaten Aceh Tengah, telah menyebabkan Desa Seurampah yang tepatnya berada di pinggiran Krueng Peusangan, menyebabkan terjadinya longsor dan 12 rumah hancur.

Kondisinya, rumah-rumah yang ada di Desa tersebut terlempar dan tenggelam bersama material longsor sejauh 250 meter dari posisi awalnya. Posisi yang sebelum berdiri kokoh di darat,saat ini telah berubah, kini rumah-rumah di Desa itu terlempar ke dasar sungai. 

Hingga menyebabkan, sedkitnya 12 penduduk hilang, serta lima diantaranya telah ditemukan oleh petugas dan tujuh jiwa lainnya, saat ini masih belum ditemukan oleh petugas.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh Badan Nasional Penangglangan Bencana (BNPB) menyatakan. terdapat lima dari 10 kecamatan yang terkena dampak gempa, 23 warga yang mengalami luka berat masih dirawat di rumah sakit. 

Sementara jumlah pengungsi tercatat 3.618 orang. Selain itu, juga terdapat  533 rumah rusak berat, 252 rumah rusak ringan, dan enam fasilitas umum rusak.

sementara itu, di kabupaten Aceh Tengah, dari 14 kecamatan, 12 kecamatan kondisi kerusakannya lebih berat dibandingkan kabupaten Bener Meriah. Lima hari gempa, 40 warga Aceh Tengah masih dirawat di rumah sakit, salah satu di antaranya dirujuk ke RS Banda Aceh.

Data sementara, jumlah pengungsi di Aceh Tengah mencapai 12.505 orang. Sementara itu, 5.516 rumah mengalami rusak berat, 2.750 rumah rusak sedang, dan 5.596 rumah lainnya rusak ringan. 

Terdapat 557 fasilitas umum, yang terdiri dari Puskesmas, Sekolah, Masjid, Mushala, dan kantor pemerintah, rusak. Aliran listrik juga baru 80 persen pulih.
| AT | M | MR |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger