Headlines News :
Home » » Untuk Dapat Dana Segar, Bakrie Gadaikan ANTV ke HT

Untuk Dapat Dana Segar, Bakrie Gadaikan ANTV ke HT

Written By Raja Pasee on Rabu, 10 Juli 2013 | 22.39

Jakarta | acehtraffic.com - Pepatah gali lubang tutup lubang seolah masih dipertahankan oleh Aburizal Bakrie. Meskipun utang perusahaannya sudah menumpuk, Ical sapaan akrab Bakrie, tidak takut untuk mencari utang baru. Namun, utang itu bukan untuk akselerasi bisnis perusahaan, melainkan untuk menutup utang lama.

Kabar mengejutkan datang dari bos MNC Grup Hary Tanoesoedibjo yang sebelumnya berambisi membeli saham VIVA Grup milik Aburizal Bakrie. Perusahaan milik Hary Tanoe, MNC Group dikabarkan bakal segera menggelontorkan dana sekitar Rp 2 triliun untuk perusahaan Bakrie. Pinjaman itu tidak didapat Bakrie dengan cuma-cuma.

Demi mendapat dana segar itu, Bakrie dikabarkan telah menggadaikan antv ke Hary Tanoe sebagai jaminan. "Pinjaman segera ditandatangani dalam minggu-minggu ini," ujar sumber merdeka.com, Kamis 11 Juli 2013 pagi.

Mekanismenya, dana tersebut akan dikucurkan dan masuk ke perusahaan baru yang didirikan dan berafiliasi dengan VIVA Grup, anak usaha Bakrie & Brothers milik Aburizal Bakrie. Kesepakatan itu disebut-sebut sudah terjalin beberapa bulan lalu. "Komitmen dijajaki sejak 4 bulan lalu. Tetapi ada tarik ulur," kata sumber tersebut.

Utang yang diperoleh dari Hary Tanoe rencananya bakal digunakan untuk membayar utang Bakrie pada kreditor asal Singapura, Credit Suisse. Bakrie juga, dalam membayar utangnya pada Credit Suisse, menggunakan dividen atau keuntungan dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Pada Juni 2013, perseroan mengklaim sudah melunasi utangnya senilai USD 100 juta atau Rp 992 miliar ke Credit Suisse dengan menggunakan dividen Newmont.

Selain mendapat jaminan antv dari Bakrie, Hary Tanoe juga dikabarkan telah mengambil alih sejumlah aset properti milik Bakrie yakni Pullman Bali Legian Nirwana, Nirwana Bali Resort. "Ini bagian dari komitmen tersebut," katanya.

Sebelumnya, saham salah satu anak usahanya yakni PT Visi Media Asia atau antv sudah resmi dibeli oleh MNC grup. Informasi dari twitter Mandiri Sekuritas, saham anak usaha emiten grup Bakrie tersebut dijual dengan harga USD 500 juta atau setara Rp 4,7 triliun.

"Saham ANTV, anak usaha emiten media Grup Bakrie PT Visi Media Asia Tbk #VIVA, telah dijual di harga USD 500 juta kepada Grup MNC," tulis twitter Mandiri Sekuritas, @Mandiri_OLT seperti dikutip merdeka.com, Rabu 19 Juli 2013.

Laporan keuangan VIVA menunjukkan, aset antv yang merupakan anak usaha tidak langsungnya mencapai Rp 989,58 miliar pada akhir 2012.
| AT | M | MR |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger