Headlines News :
Home » » Hamas Izinkan Anggota Fatah Kembali ke Gaza

Hamas Izinkan Anggota Fatah Kembali ke Gaza

Written By Raja Pasee on Senin, 03 Desember 2012 | 01.48

Kota Gaza | acehtraffic.com - Hamas akan mengijinkan dua puluh anggota Fatah yang melarikan diri selama pertempuran Gaza pada tahun 2007 untuk kembali ke daerah kantong pantai itu, kata seorang pejabat Fatah, Minggu.

Jamal Ubeid, anggota komite tinggi Fatah di Gaza, mengatakan kepada kantor berita Ma'an bahwa partainya telah secara resmi diberitahu tentang keputusan tersebut oleh Hamas, meskipun daftar nama belum diterima.

Sebelumnya pada hari Minggu, juru bicara kementerian dalam negeri Gaza Islam Shahwan mengatakan kepada Ma'an bahwa anggota Fatah yang melarikan diri ke Mesir akan diizinkan kembali ke Jalur Gaza.

"Pendukung Fatah akan kembali ke Gaza pada Senin melalui Rafah setelah mereka menyelesaikan prosedur resmi, dan tak seorang pun akan mengganggu mereka di setiap tingkat," kata Shahwan.

Sekitar 400 anggota Fatah melarikan diri dari Jalur Gaza selama pertempuran tahun 2007 dengan Hamas dan 56 afiliasi partai berada di penjara Gaza karena alasan politik, kata seorang pejabat Fatah mengatakan pekan ini.

Langkah terbaru Hamas muncul ketika kedua faksi baru-baru ini berjanji akan memberikan amnesti kepada para pendukung saingannya terkait dengan pertempuran pada tahun 2007.

Pejabat PLO Nabil Shaath mengatakan kepada Ma'an pekan lalu bahwa puluhan tahanan Hamas yang ditahan sebab alasan politik akan dilepaskan sebagai isyarat niat baik untuk meningkatkan upaya rekonsiliasi.

Hamas sebelumnya menunjukkan bahwa mereka akan membebaskan para tahanan yang berafiliasi dengan Fatah, sehingga memberikan momentum lebih lanjut untuk upaya rekonsiliasi sejak perang Israel di Gaza.

Para pihak berusaha keras setelah Hamas memenangkan pemilihan parlemen pada tahun 2006, membelah diri menjadi pemerintahan terpisah di Gaza dan Tepi Barat setahun kemudian. | AT | Z | MNA
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger