Headlines News :
Home » , » Milad GAM Ke-36 Di Aceh Utara, Mualem Perintah GAM Hareum Peuek Bendera Bintang Buleun

Milad GAM Ke-36 Di Aceh Utara, Mualem Perintah GAM Hareum Peuek Bendera Bintang Buleun

Written By Raja Pasee on Selasa, 04 Desember 2012 | 02.51

Aceh Utara | acehtraffic.com - Makam Almarhum kabinet pertama Hasan Tiro, DR Mukhtar Hasbi Geudong yang terletak di Gampoeng Tanjong Baroeh Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara pagi tadi dipenuhi pelayat yang berziarah kemakam tersebut.

Bukan bendera perang Aceh yang berkibar, namun yang kelihatan hanya ratusan lembar bendera Partai Aceh ditancapkan di areal pemakaman dan tidak tampak satupun bendera bintang bulan dikibarkan guna memperingati milad GAM ke 36.

Makam tersebut merupakan makam salah satu tokoh perjuangan dan merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan milad GAM di makam tersebut.

Dalam acara milad tersebut, KPA PA wilayah Pasee menggelar khanduri (kenduri) untuk anak yatim, janda korban konflik dan warga yang silih berganti berdatangan.

Panglima wilayah Pasee Zulkarnaini yang akrab disapa Tgk Ni menjelaskan bahwa setiap tahun milad GAM selalu diperingatkan setiap tanggal 4 Desember. Milad tersebut menurutnya bertujuan untuk mengenangkan tentang perjuangan Aceh dimasa lalu dan untuk yang lebih baik dimasa depan.

Dengan terselenggaranya milad GAM tersebut Tgk Ni mengharapkan agar Aceh kedepannya lebih baik, khususnya masyarakat Aceh diharapkan bersatu dengan pemerintah Aceh sekarang jangan berpilah-pilah dan jangan ada tarik menarik.

“Kita harapkan supaya Aceh ini tidak ada perpisahan, jangan ada tarik-menarik,” ujar Tgk Ni.

Ia juga sangat berterimakasih atas keinginan rakyat yang menaikkan bendera bintang bulan, tapi untuk saat ini menurut pengakuan Tgk Ni pihak pimpinan mereka belum mengizinkan untuk mengibarkan bendera bintang bulan.

“Apabila nanti ada putusan daripada qanun itu silahkan, tapi sekarang kan belum waktunya untuk kita kibarkan. Kita harus bersabar untuk berkeinginan mengibar bendera bintang bulan,” ucap Tgk Ni.

Mengenai adanya bendera bintang bulan berkibar menjelang Milad, Tgk Nie menjelaskan itu bukan tanggungan mereka karena pihaknya telah menghimbau seluruh Aceh agar tidak ada yang mengibarkan bendera bintang bulan.

“Meski ada yang mengibarkan itu diluar perintah kita,” kilahnya.

Sementara itu Bupati Aceh Utara, Cek Mad beranggapan bahwa yang menaikkan bendera bintang bulan bukan GAM tapi provokator.

“Karena sudah diperintahkan Muallem dan di geu peuhareum ureung GAM peu ek bendera bintang buleun,” ujar Cek Mad.

Menurut informasi yang diterima, Acara milad tersebut diselenggarakan di empat titik secara bersamaan yaitu, Mesjid Pasee Panton Labu, Mesjid Sampoiniet, Tanah Luas dan Rancong Muara Satu. | AT | HR | IS | Foto Ilustrasi |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger