Headlines News :
Home » , , » Hamil Muda Bahaya Duduk Menyamping Diatas Sepeda Motor

Hamil Muda Bahaya Duduk Menyamping Diatas Sepeda Motor

Written By Raja Pasee on Selasa, 08 Januari 2013 | 22.18


Jakarta | acehtraffic.com- Kontroversi larangan duduk ngangkang saat membonceng sepeda motor mengingatkan pada problema ibu hamil. Kalau sedang berbadan dua, posisi duduk saat membonceng sepeda motor tentu tidak sembarangan. Posisi yang aman seperti apa ya?

Ketua Umum IBI (Ikatan Bidan Indonesia), Dr Harni Koesno, MKM mengatakan bahwa ibu hamil memang sebaiknya tidak diajak naik sepeda motor. Guncangan serta hentakan yang terjadi sepanjang jalan dikhawatirkan bisa mengganggu kehamilan dan memicu kontraksi.

Namun demikian, dalam kondisi tertentu pastinya sulit menghindari keharusan untuk membonceng sepeda motor. Misalnya saat harus bepergian, sementara yang bersangkutan tidak punya kendaraan lain yang lebih nyaman misalnya mobil. Bagaimana solusinya?

"Kalau terpaksa harus naik motor lebih baik mengangkang, daripada menyamping dia kurang nyaman dan kurang safety," kata Harni kepada detikHealth saat ditemui di Gedung Pengurus Pusat IBI, kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa 8 Januari 2013.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina, dr Frizar Irmansyah, SpOG. Menurutnya pada usia kehamilan yang masih muda, duduk menghadap ke depan akan lebih stabil karena bisa berpijak dan berpegangan lebih kuat.

"Secara keseimbangan, yang lagi nggak hamil bonceng motor sebaiknya hadap ke depan. Hamil muda juga sebaiknya menghadap ke depan karena bisa berpijak lebih kuat dan berpelukan dengan suami," jelas dr Frizar kepada detikHealth saat dihubungi melalui telepon.

Sayangnya tidak semua ibu hamil bisa duduk ngangkang dengan mudahnya. Biasanya memang cuma ibu-ibu yang hamil muda saja yang bisa melakukannya, sebab kalau sudah hamil tua maka perutnya akan menghalangi posisi duduk sehingga mau tidak mau harus duduk menyamping. | AT | R | Detik|


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger