Headlines News :
Home » » 20 Juni, Presiden Sukarno Meninggal

20 Juni, Presiden Sukarno Meninggal

Written By Raja Pasee on Rabu, 19 Juni 2013 | 23.17



Acehtraffic.com - Tanggal 20 Juni tahun 1970, Ir. Ahmad Sukarno, proklamator kemerdekaan dan persiden pertama Republik Indonesia, meninggal dunia. Ir. Sukarno dilahirkan pada tahun 1901 dan sejak masa muda telah aktif dalam perjuangan politik melawan penjajahan Belanda. Akibat aktivitas politiknya itu, Sukarno berkali-kali dipenjarakan oleh pemerintah Belanda. Pada era Perang Dunia Kedua, Indonesia diduduki oleh Jepang dan pada masa itu, Ir. Sukarno dan para pejuang kemerdekaan lainnya mengadakan berbagai persiapan untuk kemerdekaan Indonesia.

Ketika Perang Dunia Kedua berakhir dengan kekalahan Jepang, para pejuang Indonesia menggunakan kesempatan ini untuk mendeklarasaikan kemerdekaan Indoensia, pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun, Belanda tidak menerima kemerdekaan ini dan berusaha kembali menjajah Indonesia dengan cara melakukan agresi militer ke Indonesia. Selama empat tahun kemudian rakyat Indonesia berjuang mengusir penjajah dan akhirnya pada tahun 1949, Belanda mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.

Daniel Defoe Lahir

Tanggal 20 Juni tahun 1660, Daniel Defoe, seorang novelis terkenal Inggris, terlahir ke dunia. Selain sebagai penulis novel, Defoe juga terkenal sebagai penulis kritik dan komentar politik pada zamannya. Sebelum zaman Defoe, karya-karya fiksi umumnya ditulis dalam bentuk drama dan Defoe menjadi salah satu perintis penulisan genre novel Inggris, bersama Samuel Richardson. Defoe juga dianggap sebagai salah satu bapak jurnalistik Inggris.

Sepanjang hidupnya, ia menulis lebih dari 500 buku dan pamflet. Karya-karya Defoe yang terkenal di antaranya berjudul Robinson Crusoe dan Captain Jack. Daniel Defoe meninggal dunia pada tahun 1731.

Pulau Okinawa Dikuasai Jepang

Tanggal 20 Juni 1875, pulau Okinawa yang terletak di Samudera Teduh di selatan Jepang, diduduki oleh tentara Jepang. Namun pada akhir Perang Dunia II, pulau strategis ini diduduki oleh tentara AS. Setelah melalui berbagai perundingan panjang antara Washington dan Tokyo, akhirnya pada tahun 1972 AS menghentikan pendudukannya atas pulau Okinawa, namun tetap menguasai pangkalan militer yang ada di pulau tersebut.

Hingga saat ini pangkalan militer AS di Okinawa masih berdiri dan rakyat Jepang terus melancarkan demonstrasi dan tuntutan untuk dibubarkannya pangkalan militer itu.

Vitamin Ditemukan

Tanggal 20 Juni tahun 1912, Dokter Kasimir Funk asal Polandia berhasil menemukan adanya kandungan zat yang sangat bermanfaat dalam makanan dan dia menyebut zat tersebut dengan nama "vitamin". Para ilmuwan seperti Kasimir Funk dan Szent-Gyorgi berusaha mengisolasi dan memisahkan vitamin dari makanan, namun mereka menemukan bahwa vitamin yang terpisah itu efeknya tidak seefektif bila vitamin tercampur dalam makanan secara alami.

Letjend TNI Anumerta R. Suprapto Lahir

Tanggal 20 Juni 1920, Letnan Jenderal TNI Anumerta R. Suprapto lahir di Purwokerto, Jawa Tengah. Ia adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Ia merupakan salah satu korban dalam Gerakan 30 September. Pendidikan formalnya setelah tamat MULO (setingkat SLTP) adalah AMS (setingkat SMU) Bagian B di Yogyakarta yang diselesaikannya pada tahun 1941.

Di awal kemerdekaan, ia merupakan salah seorang yang turut serta berjuang dan berhasil merebut senjata pasukan Jepang di Cilacap. Selepas itu, ia kemudian masuk menjadi anggota Tentara Keamanan Rakyat di Purwokerto. Itulah awal dirinya secara resmi masuk sebagai tentara, sebab sebelumnya walaupun ia ikut dalam perjuangan melawan tentara Jepang seperti di Cilacap, namun perjuangan itu hanyalah sebagai perjuangan rakyat yang dilakukan oleh rakyat Indonesia pada umumnya.

Selama di Tentara Keamanan Rakyat, ia mencatatkan sejarah dengan ikut menjadi salah satu yang turut dalam pertempuran di Ambarawa melawan tentara Inggris. Ketika itu, pasukannya dipimpin langsung oleh Panglima Besar Sudirman. Ia juga salah satu yang pernah menjadi ajudan dari Panglima Besar tersebut. Beliau wafat di Lubangbuaya, Jakarta, 1 Oktober 1965.| AT | M | Irib |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger