Headlines News :
Home » » BLSM Akan Disalurkan Dalam Dua Tahap

BLSM Akan Disalurkan Dalam Dua Tahap

Written By Raja Pasee on Jumat, 21 Juni 2013 | 23.36



Jakarta | Acehtraffic.com -- Pemerintah akan memberikan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dalam dua tahap menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Bantuan yang diberikan untuk 15,5 juta rumah tangga sasaran (RTS) dengan total dana sebesar Rp 9,3 triliun untuk empat bulan tersebut akan diberikan dalam dua tahap.

"Setiap bulannya masing-masing RTS mendapat Rp 150 ribu dan akan diberikan dalam dua tahap," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Armida Alisjahbana saat konferensi pers kenaikan harga BBM di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat, 21 Juni 2013.

Selain BLSM, pemerintah juga akan memberikan bantuan dalam program percepatan dan perluasan perlindungan sosial berupa penambahan alokasi Bantuan Siswa Miskin, Beras Miskin, Program Keluarga Harapan, dan program khusus lain berupa bantuan infrastruktur dasar.

Untuk Raskin, penambahan bantuan selama tiga bulan dari sebelumnya 12 bulan. Jadi, total bantuan menjadi 15 bulan. Adapun besaran bantuan yang diberikan untuk 15,5 juta RTS masih sama, yaitu 15 kilogram per RTS per bulan dengan harga tebus Rp 1.600/kg. Sedangkan Bantuan Siswa Miskin akan diberikan per tahun menjadi Rp 450 ribu untuk siswa SD/MI, Rp 750 ribu untuk siswa SMP/MTs, dan Rp 1 juta untuk siswa SMA/SMK/MA, dengan total penerima bantuan sebanyak 16,6 juta siswa. Selain itu, ada tambahan manfaat mengurangi biaya hidup sebesar Rp 200 ribu bagi pemegang kartu perlindungan sosial.

Adapun untuk Program Keluarga Harapan, besaran bantuan ditambah dari Rp 1,4 juta menjadi Rp 1,8 juta sesuai komposisi keluarga dengan bantuan per tiga bulan berkisar Rp 500 ribu-Rp 2,8 juta. Total penerima 2,4 juta rumah tangga sangat miskin.

Sementara untuk bantuan infrastruktur dasar diberikan program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Permukiman (P4-IP) untuk tambahan 11.750 desa/kelurahan dengan alokasi Rp 250 juta per desa/kelurahan. Selain itu, program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (P4-SPAM) untuk menambah layanan bagi sekitar 1,6 juta penduduk dan program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air (P4-ISDA), terutama untuk perbaikan irigasi kecil di 4.000 desa. Total nilai bantuan Rp 7,25 triliun.
| AT | M | Tempo |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger