Headlines News :
Home » , » Bupati Aceh Utara: Kita Fokus Pada Pendidikan, Pertanian dan Irigasi

Bupati Aceh Utara: Kita Fokus Pada Pendidikan, Pertanian dan Irigasi

Written By Raja Pasee on Rabu, 12 Juni 2013 | 07.28



Aceh Utara | acehtraffic.com – Untuk memajukan Kabupaten Aceh Utara yang lebih baik, maka dibutuhkan tiga target utama Rencana Strategis (Renstra) 2013 -2017, yaitu Pendidikan, Pertanian dan Irigasi. Rabu 12 Juni 2013.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib ketika dijumpai di Kantor Badan Perencanaan Pembanggunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Utara.

Dirinya menjelaskan, kedepan ini. diharpkan kondisi pendidikan di Kabupaten Aceh Utara dalam meningkat. Penyebab utama merosotnya pendidikan di Aceh Utara, akibat tidak ada pemerataan guru.

,“Di sekolah pedalaman masih banyak guru paket C yang mengajar,” ujar H. Muhammad Thaib.

Selain itu, Bupati Aceh Utara juga menemukan salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Lhoksukon, yang tidak memiliki guru mata pelajar Agama. Hal tersebut diakibatkan karena para guru lebih memilih mengajar di wilayah kota.

Begitu juga dengan sektor pertanian, diharapkan produksi padi bisa menjadi lebih meningkat. Setelah berakhirnya produksi Minyak dan Gas (Migas) Alam di Aceh Utara, maka sektor pertanian yang mampu menompang perekonomian masyarakat. “Pasca Migas, Aceh Utara harus kembali ke sektor Pertanian,” tutur H. Muhammad Thaib.

Namun sayang, meskipun sawah di Aceh Utara sangat luas. Belum semuanya bisa teraliri air, hal itu disebabkan karena ada beberapa saluran irigasi yang bermasalah. Sehingga masih banyak lahan persawahan yang menganggur.

H. Muhammad Thaib menambahkan banyak sawah yang bermasalah di Aceh Utara, akibar saluran irigasi yang bermasalah. Luas area sawah di Aceh Utara sebesar 9.000 hektar, yang teraliri air hanya sebanyak 2.000 hektar saja.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Utara, Ir. Syahbuddin Usman mengatakan. Dalam penyusunan Renstra tersebut, telah dilakukan evaluasi dengan sejumlah Satuan Perangkat Daerah (SKPD).| AT | AG |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger