Headlines News :
Home » , » Galleri Seminar Lawan Narkoba Alumni Found Oentoek Bantuan Aceh (FOBA)

Galleri Seminar Lawan Narkoba Alumni Found Oentoek Bantuan Aceh (FOBA)

Written By Raja Pasee on Rabu, 26 Juni 2013 | 15.19


Jakarta | acehtraffic.com- Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama keluarga Alumni Asrama Mahasiswa FOBA menggelar  Seminar bertajuk "Bersatu Melawan Narkoba Dalam Upaya Menjaga Masa Depan Generasi Muda Dari Bahaya Narkoba" dan mencegah perluasan penyalahgunaan narkotika psikotropika dan bahan adiktif (narkoba).

Acara ini sejatinya adalah tepat dan layak digelar oleh kaum ini, dimana sejumlah orang yang pernah bernaung dibawah atap Foba adalah kebanyakan  para dosen dan kalangan birokrat Di Aceh dan disejumlah daerah dan dinegara lain.

Alumni Foba menggelar acara kemarin Selasa 26 Juni 2013 digelar di Gedung Perwakilan Pemerintahan Aceh, Jalan RP.Soeroso No 17 Gondangdia,Jakarta Pusat.

Hadir dalam Dialog Interaktif itu diantaranya Prof.Syamsuddin Mahmud mantan gubernur aceh yang juga Tokoh masyarakat aceh di jakarata,H.Muallim Syuib Unoe,Ketua Keluarga Alumni Mahasiswa Foba(KALAM) dan Iswanda Rasyid Sekretaris Umum FOBA.

Sebagai Pemateri Didik,Kasubdit Direktorat Pemberdayaan masyarakat,Badan Narkotika Nasional (BNN),Nora dari  Kementerian Transmigrasi dan Tenaga Kerja dan Yenny Rachman. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa,organisasi kemasyarakatan karang taruna dan masyarakat.


Intinya kehadiran para hadirin dan hadirat pada hari itu untuk "Bersatu Melawan Narkoba Dalam Upaya Menjaga Masa Depan Generasi Muda Dari Bahaya Narkoba" dan mencegah perluasan penyalahgunaan narkotika psikotropika dan bahan adiktif (narkoba) yang kian merambah kestiap sudut kehidupan, baik secara nasional maupun secara khususan Aceh.

Foba punya sejarah penting dalam riwayat zaman, Apa itu FOBA? Dalam beberapa tulisan awalnya asrama Mahasiswa Aceh berada diatas tanah seluas lebih 3000 meter di kawasan jantung Ibukota Jakarta, tepatnya di kawasan Setiabudi menurut perkiraan bernilai 60 milyaran rupiah.

FOBA ( Found Oentoek Bantuan Aceh ) adalah satu dari sekian banyak kekayaan rakyat Aceh yang ditinggalkan oleh para indatu kepada generasinya, sama halnya seperti Baitul Asyi di Makkah Al-Mukarramah.
Perbedaannya adalah Baitul Asyi merupakan tanah wakaf yang bernilai 5,5 triliun rupiah dari saudagar Aceh Habib Abdurrahman bin Alwi Al Habsy untuk dijadikan penginapan para haji asal Aceh dan dikelola oleh Kerajaan Arab Saudi kemudian sekarang dan seterusnya Jamaah Haji asal Aceh memperoleh kompensasi profit dari wakaf, sedangkan FOBA sampai saat ini sejarah keberadaannya tidak diketahui asal muasal oleh rakyat Aceh.

Ada yang berkembang informasi, FOBA adalah kompensasi Pemerintah Indonesia kepada Aceh paska gejolak DI/TII di Aceh tahun 1953, kala itu Gubernur Meliter Aceh Daud Beureueh. Sementara informasi yang lain menyebutkan asset tersebut dibeli oleh rakyat Aceh pada saat Daud Beureueh menjabat Gubernur.

Fakta lain juga menyebutkan pada mulanya tanah tersebut berada di Senayan (sekarang dijadikan Stadion Olah Raga Gelora Bung Karno), karena kawasan tersebut akan dijadikan areal stadion. 

Maka Presiden RI Soekarno kala itu menukar-gulingkan ke daerah Setiabudi. Ada yang mengatakan sebelum dibangun Asrama FOBA di Setiabudi, sebenarnya lokasi tukar guling dari Senayan ke kawasan sekitar Hotel Indonesia. Manakah yang benar?| AT | Qistina | AZ| Foto: acehtraffic.com| Azwar | berbagai sumber|
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger