Headlines News :
Home » , , , » Otoritas Lingkungan Hidup Aceh Utara, Akan Tertibkan Galian C Berbahaya

Otoritas Lingkungan Hidup Aceh Utara, Akan Tertibkan Galian C Berbahaya

Written By Raja Pasee on Selasa, 25 Juni 2013 | 12.53




Aceh Utara | acehtraffic.com – Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Aceh Utara akan menertibkan seluruh aktifitas galian C di Kabupaten Aceh Utara, karena banyaknya kasus kerusakan lingkungan akibat aktiftas ekspolrasi galian C besar-besaran. Selasa, 25 Juni 2013.

Pernyataan tersebut, disampaikan oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Aceh Utara, Nuraina. Senin 24 Juni 2013. Dihalaman kantor Bupati Aceh Utara, pada saat usai upacara peringatan hari Lingkungan hidup sedunia.

Pelarangan tersebut, telah diamanahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Balthasar Kambuaya. Sebagai pertimbangannya adalah, karena saban hari, semakin banyak lingkungan yang telah rusak. ,“Galian C bisa membuat lingkungan kita rusak parah,” ujar Nuraina.

Selain itu, banyak terdapat perusahaan yang melakukan eksploitasi galian C yang tidak mengantongi izin. Sehingga mereka mengambil secara besar-besaran dan menggunakan alat-alat berat, sehingga sangat rentan kerusakan lingkungan.

Nuraina menambahkan, dalam waktu dekat ini. Perusahaan-perusahaan yang melakukan aktifitas galian C akan dipanggil, guna untuk memperingati perusahaan tersebut yang belum mengantongi izin.

Lebih lanjut, Nuraina menjelaskan, untuk menertibkan maraknya galian C di Aceh Utara. Harus ada tindakan langsung dibawah perintah Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib. Terhitung saat ini KLH juga akan menertibkan pengambilan galian C dengan menggunakan alat berat.

“Kita akan awasi lebih ketat,” tutur Nuraina.

Apabila nantinya perusahaan galian C masih tetap juga mengambil dengan alat berat, maka KLH akan mengambil tindakan-tindakan tegas, bahkan juga tidak akan menutup kemungkinan KLH akan menempuh dengan jalur hukum.

Ketua komunitas peduli lingkungan Bumoe Aceh Lestari, M. Agam mengatakan potensi rusak lingkungan akibat galian C yang tidak terkontrol akan berdampak buruk pada lingkungan dan habitat disekitarnya. Maka untuk itu, pemerintah sudah sepatutnya menganggap ini sebuah persoalan serius untuk segera diambil tindakan. | AT | AG |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger