Headlines News :
Home » » 'Wartawan Selalu Alami Ketidakadilan Karena Minim Berserikat'

'Wartawan Selalu Alami Ketidakadilan Karena Minim Berserikat'

Written By Unknown on Kamis, 06 Juni 2013 | 21.46



Jakarta | Acehtraffic.com - Profesi wartawan dikenal sebagai penegakan nilai demokrasi bagi kepentingan orang banyak, dan kritis membela hak azasi manusia. Namun, bila dibandingkan dengan profesi lainnya, wartawan ternyata paling minim berserikat. Kondisi itu mengakibatkan wartawan termasuk yang paling rentan mengalami ketidakadilan. 

"Anehnya, ketika mengalami sendiri perlakuan yang tidak adil, pekerja media cenderung diam sehingga kurang terekspos dan kurang terbela. Berbeda ketika orang lain yang mengalami, pekerja media langsung bergerak cepat menyuarakan," kata Presiden Serikat Pekerja MNC TV Chandra dalam siaran pers yang diterima merdeka.com, Jumat (7/6).

Data Serikat Pekerja MNC TV menunjukkan terjadi lonjakan jumlah perusahaan media yang sangat pesat sejak 1998. Tercatat lebih dari 2.000 perusahaan pada semester kedua tahun ini. 

Diprediksi jumlah media akan terus meningkat, terutama dipicu oleh terbukanya kesempatan membangun TV digital dan konfergensi dengan internet. Namun, jumlah serikat pekerja media yang tercatat hanya sekitar 35 organisasi, sebagian besar kurang aktif dan merupakan bentukan di masa awal Reformasi.

Chandra melanjutkan, minimnya serikat pekerja wartawan karena adanya indikasi karyawan media takut melebur dan aktif berserikat. Untuk itu, diharapkan wartawan dan para stakeholder media dapat menyelesaikan kasus ini bersama-sama.

"Kesejahteraan tidak hanya berupa penyelesaian tugas profesi, namun juga pemahaman akan UU dan berbagai peraturan agar hak dan kewajiban serta suasana kondusif bekerja bisa terus terjaga," kata Chandra.| AT | M | MR |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger