Headlines News :
Home » , , » Bendera Aceh Diminta Untuk Mencari Warna Lain

Bendera Aceh Diminta Untuk Mencari Warna Lain

Written By Raja Pasee on Rabu, 24 Juli 2013 | 12.50

Banda Aceh | acehtraffic.com- Hingga hari ini kementerian dalam negeri belum menyetujui seluruhnya usulan bendera versi DPR Aceh.

Pemerintah masih meminta agar DPR Aceh dan Pemerintah Aceh untuk dapat mencari warna lain selain warna merah yang mirip versis dengan bendera GAM di masa konflik.

Namun sepertinya pemerintah Aceh akan memamfaatkan tanggal openadatanganan MOu Helsnki sebagai hari peluncuran bendera Bintang bulan, Apakah masih tetap warna merah, les hitam putih dan didalam nya tercantum bulan bintang atau dengan warna lain?

“Carilah bendera yang bisa diterima, yang tidak menimbulkan persoalan-persoalan. Misalnya, ganti warna hijau atau berilah lambang Iskandar Muda. Itu termasuk yang diusulkan pemerintah (pusat),” kata Kepala Biro Hukum Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh saat ditemui di Jakarta, Rabu 24 Juli 2013 sebagaimana disiarkan kompas.

Zudan mengatakan, pembahasan evaluasi Qanun Nomor 3 Tahun 2013 tentang Lambang dan Bendera Aceh diperpanjang selama satu bulan hingga 14 Agustus 2013. Perpanjangan itu dilakukan karena bencana gempa yang menimpa Tanah Rencong awal Juli lalu.

Perdebatan panjang antara pemerintah pusat dan pemerintah Aceh serta DPRA dimulai dari disahkannya Qanun Lambang dan Bendera Aceh. Salah satu klausulnya mengatur lambang Aceh sama dengan lambang Gerakan Aceh Merdeka. 


Padahal, Nota Kesepahaman Helsinki mengatur bahwa penggunaan lambang yang mirip dengan lambang GAM dilarang.

Dalil pemerintah pusat, Qanun itu bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh dan Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2007 tentang Lambang Daerah. Di sisi lain, pihak Aceh bersikukuh bahwa penggunaan lambang Aceh itu bukan berarti Aceh meminta merdeka. | AT | R | kompas.com|
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger