Headlines News :
Home » , » Gara-gara Proyek, Dari Teror Hingga Mobil Istri Pejabat DKP Dibakar

Gara-gara Proyek, Dari Teror Hingga Mobil Istri Pejabat DKP Dibakar

Written By Raja Pasee on Rabu, 10 Juli 2013 | 14.33


Banda Aceh | acehtraffic.com - Sebuah mobil jenis Honda Jazz milik Nana Suraiya (37), istri Syahril (40), Kabid Program di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh hangus terbakar pada bagian belakang, Senin 8 Juli 2013, sekitar pukul 03.30 WIB saat diparkir di garasi rumahnya di Gampong Lamdom, Banda Aceh. Kamis 11 Juli 2013.

Syahril saat dijumpai Serambi di rumahya kemarin sore, mengatakan saat kejadian ia sedang tertidur lelap bersama istri dan anaknya. Ia baru terbangun ketika warga di luar berteriak menginformasikan mobilnya terbakar.

“Ketika saya bangun, bagian belakang sudah terbakar dan garasi dipenuhi asap karena ban belakang juga ikut terbakar, sehingga saya harus keluar lewat pintu rumah untuk membuka gembok pintu garasi dari luar,” kata Syahril.
Mobil Honda Jazz, milik Nana Suraiya, istri Kabid Program Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Syahril, hangus dibakar orang tak dikenal di dalam bagasi rumahnya Gampong Lamdom, Kecamatan Luengbata, Banda Aceh, Senin 8 Juli 2013 dini hari. Foto: Budi Fatria

Menurut Syahril, api baru bisa dipadamkan saat dirinya keluar rumah menghidupkan mesin air dari kran di luar rumah dan air di dalam bak kamar mandi. Beruntung, mobil milik istrinya itu tak terbakar semua, melainkan hanya bagian belakang dan bagian dalam yang juga menyebabkan kaca retak-retak.

“Seusai kejadian, saya mendapati botol minuman kemasan berisi bensin di luar pagar serta plastik bekas gula. Sedangkan di bawah mobil dekat tanki minyak juga ditemukan semacam botol minuman kemasan sudah hangus yang diduga juga berisi bensin,” ujar Syahril.

Syahril memperkirakan mobil istrinya itu dibakar OTK dengan menaburi gula atau garam di halaman rumahnya hingga lima meter sampai ke bawah mobil yang diparkir di garasi. Di atas gula atau garam itu, pelaku diperkirakan menumpahkan bensin hingga ke bagian bawah mobil yang juga diletakkan satu botol minuman kemasan berisi bensin dekat tanki untuk menghanguskan mobil itu.

Menurutnya, botol itu bisa diletakkan karena pintu garasi tak tertutup penuh, melainkan ada celah terbuka karena pintu berbentuk jerjak. Syahril juga telah melaporkan kejadianan tersebut ke Polsek Luengbata sehingga sekitar pukul 05.00 WIB datang pihak Polsek Luengbata ke rumahnya. Sekitar pukul 10.00 WIB, Senin 8 Juli 2013, juga datang personel Polda Aceh melakukan olah TKP dan mengambil barang-barang bukti, kecuali mobil tersebut yang tetap dibiarkan terparkir di luar setelah digeser dari dalam garasi.

Syahril yang saat ini menjabat Kabid Program mengaku juga menjabat Kepala ULP di DKP Aceh. Menurutnya, kewenangan Kepala ULP memfasilitasi dan mengkoordinasikan pelelangan paket proyek di dinas itu, misalnya antara Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dengan kelompok kerja (Pokja). Sedangkan proses pelelangan mulai awal hingga akhir atau hingga pengumuman merupakan kewenangan Pokja, bukan Kepala ULP.

Ia mengatakan, pada April 2013, ada 46 paket proyek diumumkan di layanan pengaduan secara elektronik (LPSE) Pemerintah Aceh, misalnya pembangunan pelabuhan, pengadaan kapal, dan lain-lain. “Nah, sejak saat itu saya sering diancam seseorang atau sekelompok orang lewat sms dan bertemu langsung. Ancaman itu karena perusahaannya tak lulus pelelangan paket proyek ini,” ujarnya.

Kata dia, hingga Mei 2013, dirinya masih mendapat ancaman lewat SMS dari kelompok ini, tetapi mereka tak bisa menunjukkan data mengenai kecurangan dalam proses pelelangan, padahal menurut Syahril dia sudah meminta data, jika ada kecurangan.

“Saya rasa, selain persoalan tak lulus, mereka juga ada dendam pribadi, tapi juga masih terkait proyek, kata Syahril, seraya mengatakan menyerahkan proses hukum kasus ini ke polisi. | AT | I | aceh.tribunnews.com |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger