Headlines News :
Home » » Harga Daging Sapi Meroket, Menteri Panggil Importir

Harga Daging Sapi Meroket, Menteri Panggil Importir

Written By Raja Pasee on Jumat, 12 Juli 2013 | 15.02



Jakarta | acehtraffic.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan akan memanggil para pengusaha penggemukan sapi (feedloter) di Kantor Kementerian Perdagangan hari ini. "Ya saya akan panggil mereka," ujarnya, Kamis 11 Juli 2013.

Gita ingin meminta penjelasan soal harga daging sapi yang masih makin tinggi di awal Ramadan ini. "Saya ingin tahu statusnya 109.000 ekor sapi di feedloter seperti apa. Karena harga masih belum turun," katanya.

Para pengusaha penggemukan sapi saat ini memang menyimpan 109.000 ekor sapi siap potong untuk menghadapi Puasa dan Lebaran. Sapi itu terdiri dari 99.000 sapi eks impor dan 10.000 ekor sapi lokal.

Dari jumlah tersebut, sekitar 50.000 ekor sapi sapi dari stok feedloter siap didistribuskan ke rumah potong di sekitar Jabodetabek. Sementara itu, sisanya untuk didistribusikan di Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera.

Menurut Gita jika para pengusaha penggemukan sapi lalai atau sengaja menahan sapinya maka sanksi akan diberikan. "Kalau mereka tidak mendukung kepentingan kita untuk menjaga stabilitas harga pasti. Untuk mereka mendapatkan izin di kemudian hari tidak disikapi. Kuota, izin, semuanya akan disikapi," tuturnya.

Sampai saat ini, pemerintah belum memutuskan kuota impor sapi bakalan untuk triwulan terakhir tahun ini. "Belum, kita lihat dulu penyikapannya," kata Gita.

Catatan saja, pemerintah telah mempercepat realisasi impor sapi bakalan dari triwulan III/2013 menjadi triwulan II/2013 agar ketersedian daging pasca Lebaran tetap terjaga. Sehingga tahun ini sebanyak 46.000 ekor. Sementara untuk alokasi impor pada kuartal II sebanyak 117.000 ekor.
| AT | M | Tempo |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger