Headlines News :
Home » » Presiden SBY Minta Aparat Tangkap Napi Yang Kabur Dari LP Tanjung Gusta

Presiden SBY Minta Aparat Tangkap Napi Yang Kabur Dari LP Tanjung Gusta

Written By Unknown on Kamis, 11 Juli 2013 | 23.30



Jakarta | acehtraffic.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta aparat kepolisian terus mengejar para narapidana yang melarikan diri akibat kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tanjung Gusta, Medan, tadi malam.

"Diharapkan kesadaran (aparat) untuk mengejar, mencari, dan mengembalikan narapidana ke Tanjung Gusta," kata juru bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat, 12 Juli 2013.

Ihwal narapidana kasus terorisme yang diduga ikut kabur, Julian menganggap hal itu tidak akan dibiarkan. "Akan dikejar, tidak melihat kasus mereka, siapa mereka," ujar dia. "Tentu akan dikembalikan (ke penjara) sampai kasus mereka selesai."

Menurut Julian, sejauh ini laporan yang diterima Presiden SBY dari Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur Pradopo, yakni situasi di penjara Tanjung Gusta sudah terkendali. "Meski sempat dalam kondisi tak terkendali tadi malam," ujar mantan Wakil Dekan FISIP Universitas Indonesia ini.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tanjung Gusta, Medan, tadi malam dibakar oleh narapidana. Aksi itu dipicu oleh padamnya aliran listrik di lapas tersebut, yang berimbas habisnya persediaan air buat para tahanan dan narapidana.

"Diperkirakan sekitar 200 penghuni melarikan diri, 15 di antaranya diduga tahanan kasus terorisme," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Komisaris Besar Heru Prakoso, kemarin malam.

Heru mengaku pihaknya terus mendata jumlah narapidana dan tahanan yang kabur. Belum ada data pasti berapa napi yang kabur. Lapas itu sendiri dihuni 2.599 narapidana dan tahanan, jauh lebih banyak daripada kapasitas penjara itu yang seharusnya hanya dihuni 1.054 orang.
| AT | M | Tempo |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger