Headlines News :
Home » , » Gratifikasi Seks Menu Tambahan Dalam Suap-Menyuap

Gratifikasi Seks Menu Tambahan Dalam Suap-Menyuap

Written By Raja Pasee on Jumat, 21 Juni 2013 | 23.49

Jakarta | Acehtraffic.com -- Pakar hukum pidana Universitas Indonesia, Ganjar Laksamana Bondan, mengatakan gratifikasi seks yang marak terungkap dalam kasus korupsi hanya sebagai layanan tambahan yang diberikan oleh pihak penyuap kepada pejabat negara. Dia menilai gratifikasi seks jarang diberikan sebagai menu suap utama penyelenggara negara.

“Sifatnya hanya tambahan, bukan yang utama,” ujar Ganjar saat dihubungi Tempo, Jumat, 21 Juni 2013. Dia menilai fenomena gratifikasi seks bukan hal baru, dan tidak sulit untuk dibuktikan. “Aturan untuk menjerat pelaku juga sudah ada karena sifatnya sam saja seperti gratifikasi pada umumnya,” kata Ganjar.

Menurut dia, segala sesuatu yang diberikan kepada seseorang berkaitan dengan jabatannya dikategorikan sebagai gratifikasi. “Misalkan saya dosen, dan diberikan kado ulang tahun oleh mahasiswa, itu bisa dilihat sebagai gratifikasi. Mau tidak mahasiswa memberikan kado pada saya jika saya bukan dosen mereka? Hadiah itu kepada dosen atau kepada Ganjar?” dia mencontohkan.

“Gratifikasi seks itu bukan hal yang baru, dia sama saja dengan bentuk gratifikasi lainnya dan bisa ditindak oleh KPK,” kata Ganjar. Soal pembuktian, tentu visum bisa dilakukan. “Pada dasarnya, pembuktian tindak pidana itu tidak ada yang mudah.”

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto mengakui bahwa saat ini gratifikasi seks semakin masif terjadi. Dengan demikian, Bambang berharap semua pihak terlibat meminimalisasi gratifikasi seks tersebut.

"Mengenai gratifikasi seks ini, tidak bisa dipungkiri, mulai masif dan mulai terjadi," kata Bambang di kantornya, Jumat, 21 Juni 2013. "Sehingga (gratifikasi seks) itu harus diatur."

Bambang tidak menyebutkan contoh gratifikasi seks yang dimaksudkannya. Namun, dia mengatakan hal tersebut telah diketahui oleh lembaganya. Bambang pun mengajak pihak swasta memberantas gratifikasi seks tersebut. "Kami akan mendiskusikannya bersama," kata dia.
| AT | M | Tempo |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger