Headlines News :
Home » , , , » Sekolah Diajak Untuk Peduli Lingkungan

Sekolah Diajak Untuk Peduli Lingkungan

Written By Unknown on Rabu, 12 Juni 2013 | 07.57


Banda Aceh | acehtraffic.com -- Sekolah-sekolah di Kota Banda Aceh mulai tingkat dasar, menengah dan atas diajak untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar. 

Hal ini dilakukan melalui kegiatan Sosialisasi Adiwiyata yang digagas oleh Kantor Lingkungan Hidup Kota Banda Aceh, Rabu 12 Juni 2013 di aula balaikota gedung C.

Sekda Kota Banda Aceh Drs T Saifuddin MSi yang diwakili staf ahli Walikota bidang Hukum dan Politik Ir. T. Iwan Kesuma dalam sambutannya mengatakan dengan semakin banyak sekolah yang mengikuti dan melaksanakan program ADIWIYATA, maka akan semakin tercipta sikap peduli dan berbudaya lingkungan, yang diharapkan akan semakin baik kualitas lingkungan sekolah/dayah dan lingkungan masyarakat.

Iwan Kesuma menambahkan dengan partisipasi semua pihak dalam melaksanakan dan mendukung program ADIWIYATA, maka akan terjadi perubahan prilaku yang berbudaya lingkungan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kualitas lingkungan hidup, yang akan mendukung perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup menuju pembangunan berkelanjutan di Kota Banda Aceh.

“Mari ubah perilaku dan pola konsumsi melalui sekolah berwawasan lingkungan,” ajak beliau seraya menambahkan menilik dari tema yang diusung, maka yang awal harus dilakukan adalah merubah prilaku. Untuk itu Pemerintah Kota Banda Aceh mencoba melirik sekolah-sekolah dalam hal memelihara lingkungan hidup.

"Artinya kalau kita berbicara perilaku, maka tanamkan awal prilaku itu dari sekolah. Entah itu PAUD sampai SMA dan sederajat, yang jelas masa-masa inilah yang harus dibutuhkan orang tua dan guru untuk merubah prilaku seseorang dalam suatu hal, termasuk merubah prilaku anak-anak kita mengenai cara bersahabat dengan alam," imbuhnya.

Sebelumnya Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Banda Aceh Drs. Sunazar dalam laporannya mengatakan sosialisasi yang berlangsung selama dua hari tersebut mengikutsertakan para guru,  siswa siswi dari 30 sekolah mulai dari SD/MI, SMP/MTsN dan SMA/MAN dan Dayah di Kota Banda Aceh dengan jumlah keseluruhan mencapai 80 peserta.

Sunazar menjelaskan untuk memberi pemahaman yang utuh kepada para peserta pihak panitia menghadirkan beberapa pemateri handal di bidangnya seperti dari Bapedal Aceh, KLH Kota Banda Aceh, Dinas Kebersihan & Keindahan Kota, Disdikpora Kota, DSI Kota dan Balai POM.

Sunazar menambahkan pada tahun 2013 ini ada lima sekolah dan satu dayah di Kota Banda Banda Aceh berhasil memenangkan lomba sekolah berwawasan lingkungan tingkat Provinsi Aceh dan ada tiga sekolah yang lolos verifikasi untuk dapat mengikuti lomba adiwiyata pada tingkat nasional. Sekolah yang lolos verifikasi antara lain SMPN 1, SMPN 2 dan SDN 67 Kota Banda Aceh.

Sunazar berharap dengan adanya sosilisasi tersebut akan semakin meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengubah perilaku dan pola konsumsi untuk selamatkan lingkungan pada pendidikan tingkat dasar, menengah dan atas. | AT | I | MA |
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger