Headlines News :
Home » , , » Basarnas Cari Korban Gempa Aceh Tengah dan Bener Meriah, Ini Fotonya

Basarnas Cari Korban Gempa Aceh Tengah dan Bener Meriah, Ini Fotonya

Written By Raja Pasee on Jumat, 05 Juli 2013 | 13.31

Redelong | acehtraffic.com - Pencarian korban gempa di Aceh terus dilakukan setelah kemarin, Rabu, 3 Juli 2013, operasi SAR terpaksa harus dihentikan sementara waktu, karena masih terjadi gempa susulan yang dikhawatirkan dapat menimbulkan longsor dan membahayakan keselamatan tim rescue. 

Laporan resmi Badan SAR Nasional (Basarnas) SAR Mission Coordinator (SMC) di lapangan, Setiawan Gerda, ada beberapa desa yang longsor akibat gempa susulan. 
Karena kondisi rawan tersebut, tim bergeser menuju Desa Bah Kecamatan Ketol kondisinya lebih memungkinkan untuk dilakukannya evakuasi. Desa Bah termasuk desa yang paling parah terkena dampak gempa. Hampir seluruh rumah warga rusak dan tidak bisa ditempati lagi. 

Pada Kamis, 4 Juli 2013, pukul 16.40 WIB tim Basarnas beserta potensi SAR berhasil mengevakuasi 4 korban pada posisi 04 41 32.03 N -096 43 09.29 E. Keempat korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. 
Menurut informasi yang diperoleh petugas di lapangan, 4 korban naas tersebut berada dalam rumah ketika gempa berkekuatan 6,2 SR melanda Aceh, sementara kedua orang tuanya sedang berada di luar sehingga selamat.

Tim SAR Basarnas yang dikerahkan dari Aceh, Medan, Pekan Baru, Padang, Kantor Pusat, dan BSG (Basarnas Spesial Group) sebanyak 87 personil masih melakukan pencarian korban yang belum ditemukan. 
Proses pencarian difokuskan pada Desa  Serempah, Desa Bah, dan Desa Pondok Baleh. Operasi SAR hari keempat, Jumat 5 Juli 2013, berhasil menemukan kembali 2 orang korban hilang di Segene Balik pada pukul 10.00 WIB. Korban ditemukan dalam timbunan longsor dengan keadaan meninggal dunia. 
Sementara 6 orang lainnya yang masih tertimbun longsor belum dapat ditemukan. Data yang berhasil diinput Indonesia Mission Control Center (IDMCC) Basarnas, tercatat korban meninggal dunia sebanyak 29 orang, korban hilang sebanyak 6 orang, dan korban luka-luka sebanyak 249. | AT | I | Basarnas |

Baca juga: 
Kerugian Akibat Gempa Aceh Belum Bisa Ditaksir 
Data Korban Gempa Bener Meriah Aceh Tengah Simpang Siur
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Acehtraffic Template | Baharsj
Copyright © 2013. Aceh Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Baharsj
Proudly powered by Blogger